'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PWA NTB adakan Bimbingan Perkawinan Berbasis Pengajian Komunitas
14 November 2020 07:36 WIB | dibaca 36

Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) NTB bekerjasama dengan Pimpinan Pusat Aisyiyah (PPA) dan Kementerian Agama RI mengadakan Bimbingan Perkawinan bagi Perempuan Mengaji Berbasis Komunitas di Ruang Multi media SMA Muhammadiyah Mataram pada tanggal 8 Nopember 2020. Kegiatan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa dalam ajaran Islam, perkawinan adalah salah satu fondasi agama, yang dilandaskan pada prinsip kesalingan, kesetaraan, dan keadilan, yang bertujuan untuk menciptakan keluarga sakinah mawaddah warahmah. Bahkan Nabipun menyampaikan “Rumahku adalah surgaku”. Namun realitasnya, perkawinan muslim menghadapi tantangan yang sangat berat, yang ditandai dengan tingginya angka perceraian dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Artinya, semakin banyak orang yang tidak bahagia (sakinah) dalam perkawinan mereka. Ketidakbahagiaan tersebut dipicu oleh banyak faktor, salah satu diantaranya karena terjadinya perkawinan anak, dimana pasangan menikah belum siap dan mampu secara ekonomi, mental, psikis, dan sosial. Disamping itu, persoalan terjadi karena pemahaman dan pengetahuan tentang seluk beluk kehidupan rumah tangga yang sangat minim. Oleh karena itu, PPA dan Kementerian Agama RI bergerak untuk meminimalisir terjadinya perselisihan dan konflik dalam rumah tangga yang dapat memicu terjadinya perceraian.                           

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah kelompok perempuan mengaji berbasis komunitas, diantaranya guru, petani, pedagang, dan nelayan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang keluarga sakinah yang berkeadilan dan  relasi setara yang humanis, meningkatkan pengetahuan peserta tentang manajemen konflik, serta pemahaman yang baik terhadap pilar keluarga. Selain itu, juga untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang Undang-Undang perkawinan di Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta, diantaranya guru TKABA dan SD Aisyiyah, wali murid, dan masyarakat umum yang terdiri dari komunitas pedagang, petani, nelayan. Materi utama bimbingan perkawinan ini adalah penguatan keluarga sakinah dalam perspektif Aisyiah sebagai organisasi perempuan muslim berkemajuan. Sedangkan nara sumber kegiatan adalah para pengurus PWA, diantaranya Ketua PWA, Nurhasanah Muhibah, Dekan Fak. Kesehatan UMM. Pada acara pembukaan, ketua PWA berpesan kepada peserta untuk menjaga keluarga agar tercapai keluarga sakinah bahagia di dunia dan akhirat. (Nikmah)    

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terkomentari