'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kerjasama dengan UM Mataram, LLHPB NTB Sosialisasikan Protokol Kesehatan Covid kepada PDA se-NTB
06 September 2020 03:39 WIB | dibaca 104

Lembaga Lingkungan hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PWA NTB mengadakan Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid kepada Pimpinan Daerah Aisiyah se-Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram secara daring, pada hari sabtu, 5 September 2020. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Keluarga Lenting, yang merupakan kerjasama antara LLHPB dengan Pimpinan Pusat Aisyiyah dan The Ford Foundation.

Ketua PWA NTB, Hj. Sofia Rawiana, MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa virus corona adalah musuh yang tidak tampak secara kasat mata, tetapi dampaknya nyata dan dirasakan oleh manusia.  Setelah lebih dari 5 bulan wabah melanda,  pemerintah saat ini telah menerapkan kebijakan new normal, kebiasaan baru, dimana orang sudah diperbolehkan beraktifitas kembali tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia menambahkan bahwa sebagai organisasi perempuan, Aisyiyah tidak boleh berdiam diri, tetapi harus tetap harus bergerak dan melaksanakan aktivitas dengan kreatif dan inovatif dengan tetap mematuhi aturan pencegahan penyebaran virus korona.         

Selanjutnya, materi protocol kesehatan di sampaikan oleh Nurul Qiyaam, yang juga Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram. Dalam pemaparannya, Qiyaam menjelaskan secara detail tentang virus corona, dari aspek sejarah, perkembangan, gejala klinis yang dihadapi oleh penderita, cara penularan, hingga cara pencegahannya.  Menurutnya, gejala klinis yang dialami oleh pasien dapat bermacam-macam, seperti demam, batuk pilek, letih lesu, sakit tenggorokan, dan gangguan sesak nafas. Akan tetapi, ada gejala lain juga berupa ketidakmampuan hidung untuk merasakan sesuatu, diare, gangguan kulit, dsb. Protokol kesehatan covid yang sudah disosilisasikan oleh pemerintah adalah sebuah keharusan yang harus ditaati, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun harus dengan air mengalir karena tangan sebagai media masuknya virus ke dalam tubuh. Ia juga membagikan beberapa tips pemanfaatan obat  tradisional untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. (Nikmah)

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terkomentari